Kue lapis Legit

Kue lapis adalah santapan khas Indonesia. Santapan ini umumnya terdiri dari 2 warna yang berlapis- lapis, ini yang berikan julukan kue ini. Kue ini juga terbuat dari tepung beras, tepung bubur sagu, santan, gula pasir, garam dan perona. Dan Juga kue ini dikukus tiap lapisannya saat sebelum setelah itu susunan di atasnya ditambahkan. Kue ini juga banyak ditemui di daerah- daerah di Indonesia.

Pewarna yang dipakai buat kue lapis juga terdiri dari perona santapan ciptaan ataupun perona natural. Perona yang kerap dipakai adalah pandan( hijau) serta sirup bunga mawar( merah).

Ada 2 tipe kue lapis diamati dari metode pembuatannya, ialah pembuatan lapisannya langsung pada dikala cara memasak dalam satu loyang ilustrasinya kue pepe serta kue lapis lezat. Kedua, lapisannya disatukan di luar loyang, misalnya kue lapis surabaya serta kue lapis moka vla.

Macam Macam Kue Lapis

1. Kue Lapis beras pelangi.

Kue Lapis

Materi:

– 250 gram aci beras

– 100 gram aci kanji

– 950 ml santan kepekatan sedang

– 300 gram gula pasir

– 1 atau 2 sdt garam

Metode membuat:

1. Aduk aci beras, aci bubur sagu, gula pasir, serta garam. Menuang santan, campur datar kemudian tapis.

2. Untuk adukan 12 cawan( masing- masing cawan dosis 125 ml, 6 cawan buat warna pelangi, serta 6 lagi warna putih polos).

3. Panaskan kukusan. Mengoles loyang 20 centimeter dengan minyak sayur, tuangi adukan, kukus dengan api lagi, kukus per Lapis kurang lebih 6 menitan ataupun cocok ketebalan, terus menjadi tebal tambahkan durasi mengukusnya. Jalani hingga adukan habis. Kukus kembali sepanjang 30 menit.

4. Dinginkan. Potong- potong dengan pisau yang d alas plastik jernih. Suguhkan.

2. Lapis beras.

Materi:

– 125 gram aci beras

– 75 gram aci tapioka

– 125 gram gula pasir

– 1 atau 2 sdt garam

– 200 ml santan kental

– 500 ml air

– 4 lembar pandan

– Kerneli secukupnya

– Perona santapan secukupnya

– Minyak makan

Metode membuat:

1. Masak santan serta garam dengan api kecil sembari lalu d aduk sampai nyaris mendidih, masukkan daun pandan, campur lalu, sehabis mendidih matikan api. Sisihkan serta perkenankan santan hingga hangat kuku.

2. Aduk seluruh materi jadi satu, campur datar.

3. Sajikan kukusan, sehabis air mendidih kukus selapis untuk selapis, kukus selapis untuk selapis sampai adukan habis, susunan terakhir kira- kira lama supaya matang seluruh.

3. Kue beras Lapis.

Materi:

– 15 sdm aci beras

– 5 sdm aci kanji

– 8 sdm gula pasir

– 1 atau 2 sdt garam

– 1 atau 2 bulir gula merah yang d lelehkan

– Daun pandan yang d blender serta d saring

– 900 ml santan

Metode membuat:

1. Gabungkan aci beras, aci bubur sagu, gula pasir, garam, serta air santan sedikit untuk sedikit hingga komposisi cair.

2. Untuk larutan adukan jadi 3 cawan, cawan awal masukkan gula merah yang telah d lelehkan, cawan kedua masukkan ekstrak daun pandan, cawan ketiga senantiasa.

3. Kukus sedikit susunan awal sepanjang 5 menit, setelah itu masukan susunan kedua sepanjang 5 menit, susunan ketiga serta berikutnya masing- masing 5 menit.

4. Berakhir, sedia dipotong.

Untuk kisah lainnya bisa kunjungi website kami yang akan update setiap harinya! Sekian dan Terima Kasih 🙂